Kisah Inspiratif Anak Muda

Mulai dari langkah-langkah kesehatan lingkungan dengan melakukan disinfeksi kawasan kampus, hingga penerapan PJJ memanfaatkan fasilitas online studying. Menurutnya, umumnya bisnis bereaksi dengan cara menahan semua pengeluaran yang berkaitan dengan aktivitas pemasarannya. Perusahaan memilih menyimpan atau mengalihkan dana untuk digunakan pada situasi darurat sehingga, aktivitas pemasaran diprediksi menurun pada masa pandemi.

Program e-Smart IKM juga merupakan salah satu bentuk komitmen Kemenperin untuk terus mendukung sektor IKM dalam mempertahankan usahanya, terutama di tengah dampak pandemic Covid-19. “Salah satu langkah yang dilakukan adalah memaksimalkan pemasaran produk IKM melalui platform e-commerce untuk menggantikan cara penjualan offline yang saat ini sulit dilakukan,” jelasnya. Selain itu, analisis McKinsey mengindikasikan Indonesia bisa pulih lebih cepat dibanding negara-negara ASEAN lainnya. “Hal ini karena Indonesia memang memiliki dorongan yang luar biasa dari ekonomi domestik. Oleh karena itu, pemerintah terus mengupayakan pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan cepat,” imbuh Menperin.

Sehingga hal tersebut harus didukung dengan tingkat kualitas yang baik untuk setiap individu. Karena jika tidak, maka banyaknya jumlah penduduk malah akan memberikan dampak buruk dan akhirnya akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya peningkatan kualitas di segi pendidikan.

Salah satunya, sivitas akademika belum terbiasa menggunakan sistem pembelajaran yang bersifat blended dan sepenuhnya online. Hampir semua sektor, termasuk industri media cetak, media online, promotor occasion merasakan dampak dari pandemic Covid-19. Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku industri kreatif harus mampu memanfaatkan peluang di tengah pandemi Covid-19. Kendati perekonomian lesu, kreativitas pebisnis di bidang kreatif harus tetap diasah untuk menyasar pasar baru.

Memanfaatkan keadaan Covid

Oleh karena itu, kamu harus mempelajari bagaimana cara memasarkan atau mengoptimalkan suatu bisnis dengan digital advertising. Dengan belajar digital advertising, kamu akan mengetahui strategi apa yang cocok untuk bisnismu agar bisa berkembang dan memenuhi target penjualan. Di saat pandemi seperti sekarang ada banyak pelatihan tentang digital advertising yang bisa diikuti secara on-line di berbagai platform. Kamu bisa memilih pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilanmu dalam menjalankan bisnis on-line. Menperin menjelaskan, perusahaan perlu kembali memetakan bisnisnya berdasarkan kondisi baru yang dihadapi dan mereformasi model bisnis untuk mengambil peluang. Misalnya dengan mempertimbangkan opsi-opsi peluang bisnis baru dan menerapkan metode baru dalam bekerja untuk mengakselerasi produktivitas dengan memanfaatkan teknologi terkini.