10 Resep Makanan Bayi 6 Bulan Untuk Kecerdasan Otak

Buah ini sangat ideal dijadikan sebagai bubur atau puree untuk makanan pendamping bayi. Ubi atau singkong bisa dipilih menjadi pilihan sumber karbohidrat untuk menu MPASI. Selain karbohidrat, ubi juga mengandung beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, serta dan protein. Ubi bisa diolah dengan cara dikukus atau dipanggang menjadi puree atau kolak. Hingga usianya yang ke 6 bulan, penting bagi bayi untuk mendapatkan ASI ekslusif guna memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selanjutnya, bayi memerlukan nutrisi tambahan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya selepas usia 6 bulan, di mana proses pencernaannya sudah mulai sempurna.

Untuk memastikan apakah Si Kecil telah terpenuhi asupan nutrisinya, bawalah Si Kecil ke puskesmas, posyandu, atau ke dokter untuk melakukan penimbangan berat badan. Selain menilai berat badan Si Kecil, dokter juga akan memantau tumbuh kembang dan penambahan tinggi badan Si Kecil. Tidak hanya resep makanan utama, dr. Meta juga menyertakan beberapa resep camilan anak, dengan pembagian kategori untuk anak berumur 6−8 bulan, 9−11 bulan, dan 12−23 bulan. Kombinasi antara kacang hijau dan kurma akan memberikan berbagai nutrisi yang baik untuk bayi. Untuk penyimpanan bisa ditunggu hingga dingin lalu simpan dalam wadah dan masukkan ke dalam kulkas.

Kandungan seratnya yang lebih tinggi bisa menjadikan bayi aman dari sembelit. Lalu, untuk proses penyajiannya juga masih sama saja dengan jenis buah yang lainnya. Serat yang tipis baik sekali untuk perut bayi, jika yang seratnya agak kasar itu untuk orang dewasa. Caranya sangat mudah, yang pertama yaitu kupas dan cuci wortel sampai benar-benar bersih. Makanan yang anda buat sendiri di rumah dinilai lebih terjamin untuk masalah kesehatan dan higeinitasnya.

Menu MPASI bagi buah hati

Disini kreativitas Moms harus terus diolah agar tumbuh kembang bayi kelak bisa sesuai dengan harapan. Kalsium dalam brokoli membantu meningkatkan daya penglihatan yang baik dan mencegah kerusakan sel. Serat di dalamnya menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik. Brokoli juga memiliki beberapa vitamin B yang membantu memperbaiki fungsi sistem saraf. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu perkembangan otak bayi. Jenis lemak ini juga memberi dorongan energi yang sangat dibutuhkan bagi bayi.

Melansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia , tekstur makanan tersebut biasanya diberikan saat bayi berusia September 11 bulan. Keterampilan bayi dalam mengunyah dan menelan makanan juga ikut terlatih dengan pemberian jadwal MPASI sejak 6 bulan ini. Selain itu, membuat jadwal makan MPASI bayi 6 bulan juga membiasakan orangtua untuk memberikan makan tepat waktu. Agar tidak sembarangan, lebih baik rencanakan waktu makan si kecil dengan mengetahui jadwal makan MPASI hariannya sejak usia 6 bulan ini. Hal ini dikarenakan jadwal makan MPASI bayi 6 bulan secara tidak langsung akan memengaruhi atau membentuk pola makannya kelak. Dikutip dari buku “35 Resep Makanan Tim Padat untuk Bayi” karya Hindah Muaris terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada resep nasi tim padat untuk dua porsi.

Cukup dimasak atau dihaluskan saja agar baik untuk pencernaan si Kecil. Selain itu, agar proses MPASI pertama si Kecil lancar, Mama bisa menggunakan bantuan kursi makan bayi. Bubur susu dengan rasa susu yang tidak asing untuk si Kecil, karena telah mengkonsumsi ASI sebelumnya.

Sebelum disajikan atau dibuat stok, pastikan untuk menyaringnya agar bayi tidak tersedak. Ada yang berpendapat bahwa pemberian MPASI harus dimulai dengan buah dahulu. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa lebih baik serealia atau sayuran yang harus didahulukan untuk diberikan kepada anak. Minuman manis seperti jus buah dan susu kemasan dengan perasa tidak boleh diberikan untuk bayi, karena kandungan gulanya tinggi.

Mengonsumsi sebutir buah apel sehari memang sangat baik untuk kesehatan bayi. “Ibu-ibu lebay sangat over protective ke anak ingin kualitas yang terbaik buat anak. Saat bikin bubur bayi pertama kali yaitu MPASI sempat gagal juga, encer atau kelembekan.