Tips Cerdas Mengatasi Balita Susah Makan

Tidak perlu menggunakan paksaan, pastikan saja anak mendapat asupan nutrisi dengan menyediakan cemilan sehat, atau susu untuk dikonsumsi anak saat dia lapar. Dalam tahap ini, orangtua tidak perlu cemas berlebihan, asalkan tahapan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Dan untuk mengurangi kekhawatiranParentsakan asupan nutrisi anak ini, berikut 10 hal yang bisa Anda lakukan. Nah itulah 8 cara yang dapat Mama lakukan saat anak sulit memulai MPASI.

Menurut peneliti Harvard, untuk menjaga berat badan sebaiknya menukar kentang dengan beras cokelat atau wholemeal bread (roti yang terbuat one hundred pc dari gandum). Mengkonsumsi semangkok buah ini setiap hari bisa membantu mencegah kanker, menyehatkan jantung, mengobati diabetes dan meningkatkan memori otak yang menurun karena pertambahan usia. Sebuah riset menunjukkan, blueberry kaya serat, Vitamin A dan C. Makanan fermentasi ini mengandung ratusan juta organisme probiotik yang berfungsi memberikan kekuatan untuk bakteri baik dalam tubuh. Bukan hanya itu, yogurt juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mengurangi risiko serangan kanker. Konsumsi satu cangkir yogurt sehari untuk tubuh yang sehat.

Jadi, beri tahu anak Anda agar jangan minum terlalu banyak saat makan. Anda bisa membatasi air minum saat ia makan, misalnya satu gelas saja untuk satu kali makan. Sebagai orangtua, Anda harus dapat memperkirakan asupan kalori anak agar tidak kurang dari kebutuhan gizi anak agar tidak kurang dari kebutuhannya.

Cara agar anak mau makan

Jadikan ini kebiasaan rutin dan ubah jenis sayuran setiap hari agar buah hati tercinta bisa mendapatkan berbagai nutrisi. Mereka dapat mengalami kondisi picky eater, yaitu ketika ia memilih jenis makanan tertentu dan menolak jenis makanan lainnya. Atau, bayi mengalami gerakan tutup mulut sehingga tidak banyak nutrisi yang ia didapatkan. Anak usia sekolah lebih banyak membutuhkan energi dibanding usia balita, karena aktifitasnya semakin banyak, baik di rumah maupun di sekolah. Sebaiknya anak dibiasakan sarapan sebelum berangkat sekolah, karena sarapan tersebut bermanfaat untuk membantu konsentrasi belajarnya.

Kebanyakan dari buah dan sayur memiliki tekstur keras dengan rasa yang cenderung hambar sehingga mungkin tidak menarik untuk anak-anak kecil. Sehingga Anda bisa mengolah sayur atau pun buah menjadi bentuk makanan yang lain. Sekali anak trauma makan makanan pedas maka ia tidak akan mau menyantapnya lagi.

Cara lainnya adalah membolehkan anak makan di luar jika sedang jalan-jalan bersamamu. Tentunya dengan sudah membuat daftar makanan yang boleh dikonsumsi anak dengan mempertimbangkan nutrisinya. Sebaiknya hindari jajanan yang diolah dengan digoreng karena nutrisinya yang rendah. Nasi dihias sedemikian dengan diberi hiasan sana-sini yang terdiri dari lauk dan sayur.