Anak Susah Gemuk? Ini 5 Cara Membuat Anak Gemuk

Agar anak mau makan buah, Mama dapat mencoba untuk menyisipkan buah dalam menu makanan yang disukainya. Tak ada salahnya bila Anda meminta anak untuk membantu memilih buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya. Setelah itu, dorong anak untuk membantu Anda membilas sayuran, mengaduk adonan, atau mengatur meja makan.

Misalnya, jika si kecil suka sereal, kamu bisa coba menambahkan buah seperti pisang, buah naga, atau jeruk yang sudah dipotong kecil- kecil. Kamu bisa mengajak anak saat akan berbelanja ke pasar, biarkan ia memilih buah yang menarik baginya. Kamu bisa meminta anak untuk mencuci buah atau mengupasnya. Hal ini dapat membantu membangkitkan selera dan keingintahuan anak untuk mengonsumsi buah. Sebagai orangtua, kamu pasti selalu menyediakan makanan bernutrisi yang memiliki manfaat untuk tumbuh kembang si kecil.

Jika ya, maka wajar sama anak akan meniru kebiasaan orangtuanya. Jadi, jika saat ini anak tidak mau untuk makan buah dan bahkan memberikan aksi menolak memakannya, Moms tidak boleh membiarkannya. Melainkan, Moms harus mencari cara agar mengatasi kondisi ini.

“Anak juga bisa bosan jika makan yang itu-itu saja”, kata Issanchou. Kalau pilihan di pasar atau supermarket terbatas, bisa juga bervariasi dengan memberikannya secara mentah, atau memasaknya dengan cara berbeda. Protein hewani, terutama daging merah dan olahan, meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Kacang-kacangan sangat baik bagi kesehatan jantung, tetapi kacang hitam punya manfaat tambahan, yakni bisa meningkatkan fungsi otak. Itu karena kacang hitam mengandung anthosianin, antioksidan, rendah kalori dan bebas lemak jenuh. Mengkonsumsi eight gram kacang hitam setiap hari tentu akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bila anak tidak diberi ASI, maka dia akan lebih rentan terkena serangan diare dan dapat merenggut nyawanya. Setelah diare, dia dapat mengalami preferensi usus sehingga memengaruhi pola makan. Sajikan buah dengan potongan unik agar bisa menarik perhatian anak.

Untuk meningkatkan selera makan si kecil yang sedang sariawan, kamu bisa menyiasatinya dengan menyajikan makanan dalam bentuk yang lebih menarik. Selain bentuk makanannya, kamu juga bisa memberikannya peralatan makan yang lucu, yang dapat membuatnya lebih semangat makan. Penyajian dari mulai tampilan, tekstur, warna, aroma hingga pemilihan alat makan dapat memengaruhi selera makan anak. REPUBLIKA.CO.ID, Selain membuat makan buah menjadi sebuah kebiasaan dan menyajikan buah sekreatif mungkin, apalagi cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak mau makan buah?

Cara agar anak mau makan buah

Seperti Popeyeyang gemar memakan bayam yang membuatnya memiliki otot yang kuat dan juga Bugs Bunnyyang gemar memakan wortel yang menjadikannya cerdas. Anak menjadi lebih tahu proses pembuatan makanan sehingga membuat mereka ingin mencoba makanan tersebut. Untuk anak yang sulit mengonsumsi sayur dan buah, Anda dapat memilih suplemen yang mengandung ekstrak sayur dan buah.

Untuk menyiasatinya, hiasi makanannya semenarik mungkin, Bu. Misalnya saja dengan membentuk sumber karbohidrat, sayuran, dan lauknya menjadi bentuk-bentuk hewan atau tokoh kartun favoritnya. Ada banyak cetakan makanan yang tersedia di toko untuk mempermudah Ibu menghias makanan si Kecil. Jangan mengenalkan buah-buahan dengan tekstur keras, rasa yang asam, sepat atau kurang menarik pada anak. Pastikan untuk mengenalkan buah-buahan dengan rasa yang segar dan manis terlebih dahulu seperti semangka, pisang, atau pepaya.